ESQ WAY 165

About

ESQ Way adalah sebuah metode Training untuk meningkatkan kecerdasan Emosi dan Spiritual yang di kembangkan oleh DR HC Ary Ginanjar Agustian.

22 Sep 2016

ACTIVED "RAS (Reticular Activating System)"

Keseruan Staff ESQ setelah melakukan "Actived RAS" bersama Coach Zie.
RAS atau biasa disebut dengan (Reticular Activating System). Setiap manusia memiliki RAS. RAS ini akan MEMUDAHKAN kita dalam mencapai suatu TUJUAN yang kita inginkan. (singkatnya seperti ini) karena kita dapat dengan mudah men-setting RAS sesuka hati, kita dapat menentukan KESUKSESAN yang kita IMPIKAN dengan jangka waktu yang CEPAT atau LAMBAT(?) kita yang berhak set-up RAS kita...!



Secara garis besar fungsi RAS bagi otak ada dua: MENYARING INPUT & MENGKOORDINASI OUTPUT.
Untuk bisa menyaring stimulus dari dunia luar, ada yang dinamakan Kriteria RAS. 
  • Belief System (sistim keyakinan), Termasuk keyakinan, nilai yang dianut, (objek) cinta dan (objek) benci, citra diri, cita-cita, dan keragu-raguan.
  • Social-Animal Needs (naluri binatang dan mahluk sosial), Termasuk tanda-tanda vital tubuh, struktur sistem saraf, naluri bertahan hidup, naluri teritorial, naluri konfirmasi sosial, rasa takut dan waswas, dsb 
Berikut adalah contoh-contoh kerja sistim RAS dalam kehidupan sehari-hari.
CONTOH 1 :
Suatu ketika, Anda sangat menginginkan sebuah smart phone dan berencana membelinya karena smart phone jenis yang Anda inginkan ini adalah jenis terbaru. Ketika Anda membelinya dan memakainya, tiba-tiba Anda kaget. Ternyata sudah banyak orang memakainya. Anda ternyata menemukan banyak sekali pemakai smart phone sejenis, sama seperti milik Anda!
CONTOH 2: 
Anda sedang mencari sebuah kunci kecil di dalam tas Anda yang penuh dengan barang-barang. Kriteria RAS Anda di-set untuk fokus pada benda kecil tersebut. Maka RAS Anda akan meng-koordinasi tangan dan/atau mata Anda untuk mencari benda itu dan mengabaikan benda-benda yang lain.

Manfaatkan RAS Anda SEKARANG!
Anthony Robbins dalam bukunya Awaken The Giant Within, menyampaikan:

"Jika Anda memutuskan bahwa sesuatu sebagai prioritas, maka anda akan memiliki suatu intensitas emosional yang begitu besar, sehingga ketika Anda terus fokus pada hal tersebut, maka apapun yang bisa mendukung pencapaiannya akan menjadi jelas."
Misalnya, Anda ingin sekali membeli rumah baru. Karena Anda terus fokus pada hal tersebut, maka akan ada suatu intensitas emosional yang timbul dalam diri Anda, sehingga cara-cara agar Anda bisa membeli rumah pun muncul (diambil cara yang halal tentunya). Padahal dahulu cara-cara tersebut tak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya.
Satu lagi, Anda bisa memanfaatkan RAS Anda untuk member afirmasi positif pada diri Anda sendiri. Anda bisa terus member pesan-pesan positif yang bisa membangun diri Anda, sehingga Anda akan lebih sering menemukan hal-hal positif lain yang bisa berdampak pada kemajuan Anda.


ESQ GROUP
 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Info

BTemplates.com

Service

Training Personal Development, Seminar Motivasi, Workshop. Coaching, Outbound, Capasity Bulding, Assessement.

Our Works

Menyelenggarakan Training Untuk Karyawan, Pekerja, Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa, pelajar dan Anak-anak, di seluruh Indonesia dan luar negeri.