ESQ WAY 165

About

ESQ Way adalah sebuah metode Training untuk meningkatkan kecerdasan Emosi dan Spiritual yang di kembangkan oleh DR HC Ary Ginanjar Agustian.

21 Jun 2016

SAYA MENANGIS KETIKA PERTAMA KALI MENDENGAR KISAH INI



Diriwayatkan oleh Abdullah bin Dinar bahwa suatu hari ia berjalan bersama Khalifah Umar bin Khattab dari Madinah menuju Makkah. Di tengah jalan beliau bertemu dengan seorang anak yang sedang menggembala ternak yang sangat banyak hingga hampir menutupi lereng bukit. Terbersit ide dalam pikiran Khalifah Umar untuk menguji kejujuran
anak gembala itu.


Wahai anak gembala, aku ingin membeli seekor ternakmu!” ujar Khalifah Umar bin Khattab.
Kambing ini milik tuanku. Aku hanya seorang budak gembala,” jawab si gembala. Umar bin Khattab berkata lagi
Kambing ini banyak sekali, tuanmu tidak akan tahu kalau berkurang satu. Atau katakan saja pada tuanmu, seekor kambing dimakan serigala.”


Anak gembala tersebut terdiam, dipandangnya wajah Khalifah Umar bin Khattab, lalu berkatalah ia dengan ucapan yang menggetarkan hati Khalifah Umar, “Fa ainallah? Jika Tuan menyuruh saya berbohong, lalu di mana Allah? Tuan saya memang tidak melihat, tapi Tuhannya tuan saya Maha Melihat.Umar bin Khattab dikenal sebagai seorang khalifah yang pemberani, berwibawa dan ditakuti, tak pernah gentar menghadapi musuh sekuat apa pun. Namun, tatkala mendengar ucapan budak gembala itu beliau merasa gemetar dan hampir jatuh pingsan.


Kemudian beliau menangis. Kalimat pendek yang diucapkan secara spontan oleh seorang budak gembala begitu menghujam ke dalam dadanya menyadarkan akan keberadaanNya
sekaligus tanggungjawabnya di hadapanNya kelak.



Khalifah Umar membawa gembala yang berstatus budak itu kepada tuannya. Beliau menebus budak tersebut. ”Dengan kalimat tersebut (Fa ainallah?) telah kumerdekakan kamu
dari perbudakan, dengan kalimat itu pula insya Allah kamu akan merdeka di akhirat kelak.” Keyakinan sang budak bahwa Allah senantiasa menyaksikannya mengantarkannya pada sebuah kebebasan.


Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan ikuti langkah orang-orang yang jujur. (QS. At-Taubah (9) : 119)


Sahabat yang baik. apa yang Anda rasakan setelah membaca kisah nyata ini?


Saya yakin setiap orang mempunyai sudut pandang yang berbeda, sebagaimana permata selalu indah kemilaunya dari sudut manapun permata itu dilihat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Info

BTemplates.com

Service

Training Personal Development, Seminar Motivasi, Workshop. Coaching, Outbound, Capasity Bulding, Assessement.

Our Works

Menyelenggarakan Training Untuk Karyawan, Pekerja, Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa, pelajar dan Anak-anak, di seluruh Indonesia dan luar negeri.