ESQ WAY 165

About

ESQ Way adalah sebuah metode Training untuk meningkatkan kecerdasan Emosi dan Spiritual yang di kembangkan oleh DR HC Ary Ginanjar Agustian.

17 Nov 2016

KEBEBASAN TERBANG ANGSA-ANGSA

KEBEBASAN TERBANG ANGSA-ANGSA
.
.
Angsa merupakan salah satu burung air terbesar yang dapat terbang. Angsa umumnya terdapat di daerah beriklim subtropis.
.
Untuk menghindari musim dingin, sekelompok angsa akan bermigrasi pergi ketempat yang lebih hangat. Mereka terbang dalam formasi ‘V’.
.
Dengan terbang dalam formasi ‘V’, keseluruhan kawanan angsa itu meningkatkan efisiensi penerbangan sebesar 71%. Dibandingkan dengan hanya satu angsa terbang sendirian.
.
Ketika leader kelelahan terbang, dia berpindah ke ujung formasi ‘V’, sementara angsa lain akan mengambil tempatnya.
.
Angsa-angsa terbang dengan formasi ‘V’, mereka bersorak untuk menyemangati yang di depan. Dengan cara itu, mereka mempertahankan kecepatan yang seimbang.
.
Ketika seekor angsa menjadi SAKIT , terluka atau lelah, maka ia harus meninggalkan formasi. Tetapi akan ditemani oleh angsa lainnya hingga WAFAT atau ia mampu terbang lagi.
.
Kemudian mereka kembali mencapai
perkumpulan mereka atau mereka membuat formasi ‘V’ yang baru.

PESAN MORAL :
Tuhan mengajarkan manusia tentang bagaimana mencapai tujuan dan menjalani kehidupan. Kisah kebersamaan lebah, kisah kebersamaan semut bahkan tertulis di dalam Kitab Suci Al Qur'an...,
Begitu juga kisah ikan salmon dan berbagai hewan lainnya yang mengajarkan arti pentingnya kebersamaan dalam menjalani misi kehidupan selalu diajarkan. Termasuk juga kisah angsa-angsa ini.
Melalui team work dan kesamaan tujuan akan tercipta sinergi yang kuat. Inilah yang disebut JAMA'AH.
Itulah sebabnya sampai Nabi bersabda bahwa shalat jama'ah akan diganjar 27 kali lipat pahala. Inlah yg dimaksud TAUHID.
Di jepang anak-anak kecil diminta mematahkan satu ikat anak panah. Hasilnya ? Tentu tidak bisa karena ia satu ikatan yg kuat. Lalu dipisahkan satu anak panah dan patahkan.... Hasilnya : " kraak !" Langsung patah !
.
Akan tetapi kadangkala, godaan sangat kuat atas nama kebebasan dan kemajuan.. Melihat langit yg luas untuk dikuasai.. melihat laut yg luas sumber rezeki yg menarik hati..
Maka.. mungkin akan ada anggota angsa yang tergoda ingin terbang sendiri.. karena menyangka ia merasa ia akan dapat makan lebih banyak ikan dibawah sana.. ia lupa tujuan mereka ke mana.. merasa ikan layak untuk yang bekerja.. merasa tidak tidak perlu berbagi lagi.. lupa visi misi... tanpa sadar, egoisme dan kesombongan mulai mendominasi.. mulai merasa diri lebih hebat...merasa diri lebih mampu...dan merasa diri bisa terbang lebih jauh ..dan merasa bisa terbang lebih tinggi...
INILAH PENYAKIT MERASA!
Yang sesungguhnya.. bukan kebebasan yg mereka dapatkan.. hanyalah sebuah penjara ego..
.
Hingga jadi lupa... bahwa dirinya tidak selamanya akan sehat... ketika terkena musibah dan jatuh sakit ..disanalah baru terasa bahwa jama'ah atau kebersamaan itu lebih berharga dari kebebasan ego..
“Orang mukmin terhadap orang mukmin yang lain bagaikan bangunan yang sebagiannya menyangga sebagian yang lain.” (HR Bukhari dan Muslim)
IQRA....


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Info

BTemplates.com

Service

Training Personal Development, Seminar Motivasi, Workshop. Coaching, Outbound, Capasity Bulding, Assessement.

Our Works

Menyelenggarakan Training Untuk Karyawan, Pekerja, Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa, pelajar dan Anak-anak, di seluruh Indonesia dan luar negeri.